Super Smash Bros. Ultimate | Featured

Info Baru Super Smash Bros. Ultimate – 103 Stage, Limited Edition, dan Rathalos?!

Nintendo membuat komunitas pecinta seri Super Smash Bros. gempar ketika mereka mengumumkan Super Smash Bros. Ultimate untuk console Switch. Penyebab utamanya, tak lain adalah karena game tersebut dikabarkan akan berisi semua karakter yang pernah ada dari seluruh seri Super Smash Bros. Bahkan tidak hanya karakter orisinal Nintendo, tapi juga semua karakter tamu seperti Solid Snake dari Metal Gear Solid, Cloud Strife dari Final Fantasy VII, bahkan Mega Man dan Bayonetta!

Kini melalui kanal Nintendo Direct, informasi lebih lengkap tentang Super Smash Bros. Ultimate telah diumumkan. Bersiaplah untuk mengiler, karena tampaknya Nintendo benar-benar habis-habisan dalam merancang game yang punya kata “ultimate” dalam judulnya ini. Berikut adalah berbagai informasi yang dilansir dari Nintendo Life.


Ratusan arena pertarungan!

Super Smash Bros. Ultimate | Stage

Jumlah stage atau arena pertarungan dalam seri Super Smash Bros. selalu meningkat dari masa ke masa. Entri terakhir sebelum ini yaitu Super Smash Bros. for Wii U memiliki 56 stage. Tapi Super Smash Bros. Ultimate meningkatkan jumlah tersebut hingga hampir dua kali lipatnya, yaitu 103 stage! Ditambah lagi, setiap stage memiliki variasi bentuk yang disebut Battlefield Form dan Omega Form untuk keperluan kompetitif. Jadi pada praktiknya kita akan mendapat 309 stage!

Delapan karakter baru

Super Smash Bros. Ultimate | Richter Belmont

Sejauh ini jumlah karakter playable dalam Super Smash Bros. Ultimate sudah mencapai 73 karakter. 65 di antaranya adalah karakter lama dan 8 sisanya karakter baru. Sebelumnya Nintendo sudah mengumumkan tiga karakter yaitu Inkling (Splatoon), Ridley (Metroid), dan Daisy (Mario). Lima karakter berikutnya adalah Simon Belmont dan Richter Belmont (Castlevania), King K. Rool (Donkey Kong), Chrom (Fire Emblem), serta Dark Samus (Metroid). Kelima karakter baru ini semuanya akan mendapat figur amiibo.

Beragam mode permainan

Seri Super Smash Bros. memang punya fokus pada multiplayer, tapi Nintendo tak lupa menyertakan mode single player juga yang disebut Classic Mode dalam Super Smash Bros. Ultimate. Mode ini mirip seperti arcade mode dalam fighting game pada umumnya, tapi tergantung dari karakter pilihanmu, musuh yang kamu hadapi akan berbeda. Multiplayer juga mendapat mode baru yang bernama Squad Strike dan Smashdown.

Super Smash Bros. Ultimate | Squad Strike

Squad Strike menempatkanmu dalam pertarungan tim 3v3 atau 5v5. Kamu dapat memilih tiga atau lima karakter berbeda dan mengendalikan satu karakter di antaranya. Bila karakter itu mati, ia akan otomatis digantikan oleh karakter berikutnya sampai semua karakter kalah.

Sementara Smashdown adalah sejenis mode survival, di mana kamu hanya boleh menggunakan satu karakter untuk satu ronde saja. Ronde berikutnya kamu harus memilih karakter lain yang belum pernah kamu pilih, begitu seterusnya sampai semua karakter habis.

Assist Trophy baru, dan bos Rathalos

Super Smash Bros. Ultimate | Rathalos

Seri Super Smash Bros. memiliki fitur bernama Assist Trophy, yaitu item khusus di arena yang bila kamu gunakan akan memunculkan karakter untuk membantumu menyerang musuh sementara. Super Smash Bros. Ultimate memperkenalkan segudang Assist Trophy baru, termasuk di antaranya Shovel Knight, Zero (Mega Man X), Knuckles (Sonic The Hedgehog), Evil Moon (The Legend of Zelda: Majora’s Mask), dan banyak lagi.

Uniknya, salah satu Assist Trophy adalah Rathalos, si naga api dari seri Monster Hunter. Rathalos tidak hanya muncul sebagai Assist Trophy, tapi juga akan menjadi karakter bos yang harus kamu kalahkan.

Edisi terbatas bonus controller GameCube

Super Smash Bros. Ultimate | Limited Edition

Kurang lengkap rasanya kehebohan suatu game bila tanpa adanya edisi terbatas. Nintendo mengerti bahwa controller GameCube masih menjadi favorit banyak orang untuk memainkan seri Super Smash Bros. Karena itu, mereka menyertakan controller tersebut beserta adapter untuk Switch dalam edisi terbatas Super Smash Bros. Ultimate. Ini adalah edisi terbatas yang layak dikoleksi, juga bermanfaat bagi pemainnya.


Super Smash Bros. Ultimate akan dirilis eksklusif di Nintendo Switch pada tanggal 7 Desember 2018. Masih belum punya Switch? Game ini pasti bisa menjadi alasan kuat untuk membeli.