Game PC Ringan | Featured

10 Game PC Ringan Berkualitas yang Cocok Kamu Mainkan di Laptop (2018)

Tahun 2018 adalah tahun yang sangat menyenangkan untuk menjadi seorang gamer, karena tahun ini sangat penuh dengan game keren. Tak peduli di platform apa kamu bermain, baik itu PC, console, atau smartphone, kamu akan menemukan hiburan yang memuaskan.

Sayangnya, di antara kita pasti ada orang-orang yang tidak memiliki perangkat game terbaru. Saya tahu bagaimana rasanya menjadi mahasiswa yang uang sakunya tidak cukup untuk beli console, dan hanya bisa memainkan game dengan laptop pemberian orang tua. Apalagi sekarang harga kartu grafis masih tinggi gara-gara demam bitcoin.

Untuk kamu yang suka bermain game di PC tapi tidak punya hardware dengan spesifikasi canggih, jangan khawatir. Banyak kok game baru yang keren dan bisa kamu mainkan di laptop. Berikut ini beberapa yang patut kamu coba. Tidak semuanya game indie, lo!


1. Enter the Gungeon: Advanced Gungeons & Draguns

Enter the Gungeon adalah game bullet hell dungeon crawler yang sebenarnya dirilis pada tahun 2016. Tapi beberapa waktu lalu game ini baru saja mendapat ekspansi gratis dengan judul Advanced Gungeons & Draguns. Jadi sekarang saat yang sangat tepat untuk mencobanya.

Ekspansi Advanced Gungeons & Draguns memberikan banyak stage baru, NPC baru, musuh baru, dan belasan senjata baru yang akan membuat aksi baku tembakmu semakin rusuh. Kini kamu juga lebih mudah mendapatkan senjata kuat, baik dari item drop ataupun dari toko. Berhubung game ini sudah agak lama, kamu bisa membelinya dengan harga murah ketika diskon.


2. Forgotton Anne

Salah satu game terbaik jebolan program Square Enix Collective, Forgotton Anne adalah game side-scrolling adventure dengan tampilan visual yang sangat indah. Memainkan game ini serasa masuk ke film animasi dengan latar belakang Eropa abad ke-20. Pantas bila banyak orang membandingkan Forgotton Anne dengan film-film karya Hayao Miyazaki.

Ikuti kisah Anne di dunia sihir bernama The Forgotten Lands, tempat di mana barang-barang hilang menjadi bernyawa dan ingin diingat lagi oleh pemilik aslinya. Forgotton Anne sangat cocok bila kamu ingin menikmati petualangan fantasi tanpa stres. Oh, dan ya, judulnya memang “Forgotton”, bukan “Forgotten”.


3. A Raven Monologue

Game adventure eksperimental dari Mojiken Studio, A Raven Monologue menceritakan tentang seorang (seekor?) gagak yang bisu … di sebuah kota yang … emm … sebenarnya saya bingung juga cerita game ini tentang apa. Saya rasa ada baiknya kamu mencobanya sendiri.

Cerita dalam A Raven Monologue tak ubahnya sebuah puisi. Kita tahu ada maksud tersembunyi, tapi kita tidak tahu apa maksud tersembunyi itu. Bisa jadi makna yang ditangkap oleh setiap orang akan berbeda. Jadi langsung mainkan saja, lagipula game ini gratis!


4. Celeste

Game kedua dan terakhir dalam daftar ini yang menggunakan tampilan visual pixel art. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Celeste, karena game action platformer yang satu ini memang cukup menghebohkan. Datang dari developer TowerFall Ascension, Celeste bahkan disebut-sebut sebagai sebuah masterpiece oleh banyak orang.

Keunikan Celeste terletak pada tiga hal. Pertama, desain level yang cerdas. Kedua, tingkat kesulitan yang akan bikin kamu banting joystick. Ketiga, cerita yang, secara cukup mengejutkan, ternyata bagus! Jarang-jarang kita menemukan game platformer yang juga kuat di sisi cerita, dan Celeste adalah salah satunya.


5. Under Night In-Birth Exe:Late[st]

Kata orang bijak, semakin “chuuni” sebuah fighting game, artinya game itu semakin bagus, dan seri Under Night In-Birth adalah salah satu yang paling chuuni. Under Night In-Birth memulai debutnya di Jepang pada tahun 2012, dan sejak itu telah menjadi salah satu seri dengan banyak penggemar setia walau masih belum mainstream.

Entri terbarunya yaitu Under Night In-Birth Exe:Late[st] atau UNIEST menyajikan 20 karakter yang unik dan stylish. Mirip seperti seri BlazBlue, game ini juga memiliki cerita cukup mendalam (tapi chuuni) yang disajikan dengan gaya visual novel. Kebanyakan fighting game modern butuh spesifikasi PC cukup berat, tapi tidak demikian dengan UNIEST.


6. Touhou: Scarlet Curiosity

Memiliki judul asli Touhou Koukishin ~ Adventures of Scarlet Curiosity, game ini adalah action RPG 3D yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 2014. Empat tahun berlalu, kini kita bisa menikmatinya dalam bahasa Inggris berkat penerjemahan yang dilakukan oleh XSEED Games.

Touhou: Scarlet Curiosity menceritakan petualangan dua karakter dari seri Touhou. Mereka yaitu Remilia Scarlet sang gadis vampir, dan Sakuya Izayoi yang merupakan pembantunya. Konon, pembuat game ini mengambil inspirasi gameplay dari seri Ys yang juga diterbitkan oleh XSEED Games.


7. Sorcery Saga: Curse of the Great Curry God

Salah satu game kesukaan saya di PS Vita kini akhirnya tersedia di PC! Sorcery Saga: Curse of the Great Curry God adalah roguelike RPG yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Alur cerita di dalamnya ringan dan lucu, namun tidak konyol. Sementara tingkat kesulitannya cukup mudah untuk ukuran roguelike, tapi tetap seru.

Sesuai judulnya, game ini punya kaitan erat dengan masak-memasak, terutama kari. Saat kamu berada di dalam dungeon, kamu bisa memasak berbagai jenis kari yang akan memberi beragam efek, seperti meningkatkan kekuatan atau menghilangkan status buruk. Soundtrack pop yang asyik didengar juga menjadi nilai plus. Etanya best girl.


8. The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II

Entri kedua seri Trails of Cold Steel ini kembali menceritakan petualangan Rean di negara Erebonia yang tengah dirundung perang saudara. Bila kamu suka RPG bersistem turn-based dan cerita mendalam dengan jumlah teks yang sangat banyak, kamu harus coba seri Trails of Cold Steel. Lebih bagus lagi bila kamu coba juga seri The Legend of Heroes lainnya.

Walaupun tergolong baru, The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II punya spesifikasi minimum yang ringan. Mungkin karena game ini juga dikembangkan untuk PS Vita. Dengan hardware pas-pasan, kamu masih bisa bermain di setting 720p/30 FPS. Versi PC mengandung konten sulih suara yang lebih banyak dari versi console, jadi itu bisa jadi daya tarik tersendiri.


9. Football, Tactics & Glory

Suka bola tapi laptopmu tidak kuat menjalankan FIFA terbaru? Ingin berkarier di lapangan hijau tapi bosan main Football Manager? Football, Tactics & Glory adalah alternatif menarik yang tak biasa, karena game ini menyajikan olahraga sepak bola dalam wujud permainan strategi turn-based.

Sistem permainan dalam Football, Tactics & Glory lebih mirip RPG daripada game olahraga. Setiap pemain memiliki stat serta level yang dapat ditingkatkan, dan aksimu di lapangan menyerupai pertarungan antar kesatria di medan perang. Kekurangannya, tentu saja game ini tidak punya lisensi sepak bola lengkap seperti FIFA.


10. Battle Chef Brigade

Apa jadinya bila ada lomba masak di dunia fantasi yang berisi monster, naga, dan sihir? Battle Chef Brigade jawabannya. Temukan kombinasi unik antara petualangan, memasak, action, dan puzzle match-three, dibalut visual 2D keren bernuansa anime. Menyenangkan sekali rasanya melihat game “nyeleneh” seperti ini muncul di pasaran.

Terdapat dua orang koki yang bisa kamu mainkan. Mina, koki muda yang ahli menggunakan pisau dan gerakan akrobatik, serta Thrash, koki orc yang berbadan besar dan ahli menggunakan sihir. Kalahkan monster-monster dengan keahlianmu bertarung, dan ubah mereka menjadi makanan enak dengan keahlianmu memasak!


Komputer pas-pasan bukan halangan bagi kita untuk menikmati game terbaru yang keren-keren. Hanya saja tentu kita harus lebih jeli memilih. Bagaimana dengan pengalamanmu? Apakah kamu punya rekomendasi lainnya? Ayo berbagi di kolom komentar.